Search Engine

Trik Internet

Tips 'n Trik Edan Pizan - Internet
Asalamualaikum wr wb

Allow semua... disini dnelz akan memberikan "Tips 'n Trik Edan Pizan", disini kamu akan mengetahui seluk-beluk tentang "Internet" seperti Yahoo Mail!, Yahoo Messenger!, E-mail, Mailing LIst (MILIS), mIRC, dll yang di dapat dari berbagai sumber.

Semoga berguna ya...

==== INTERNET ====


...: Yahoo! :...

Yahoo! Groups: Anda ingin menemukan mailing list (milis) dengan tema tertentu? Coba masuk ke Yahoo Groups, lalu masukkan kata kunci yang Anda inginkan pada kotak Search yang tersedia.

Yahoo! Mail: Jika Anda menggunakan Yahoo! Mail di warnet, jangan lupa untuk melakukan sign out dan sign out completely sebelum meninggalkan meja komputer. Jika tidak, ini sama saja dengan Anda meninggalkan rumah tanpa mengunci pintu.

Yahoo! Mail: Anda bisa menampilkan lebih banyak jumlah pesan dalam satu halaman. Klik Mail Options yang terdapat di sudut kanan atas, klik General Preferences. Pada halaman berikutnya, cari bagian Messages per Page: Show ... messages on each page, pilih jumlah pesan yang Anda inginkan, lalu klik Save.

Yahoo! Mail: Untuk menghapus lebih dari satu pesan dari Inbox Anda, coba beri tanda centang pada kotak di depan pesan-pesan yang hendak dihapus, lalu klik Delete.

Yahoo! Mail: Pada tampilan Yahoo! Mail yang baru, Anda tidak akan menemukan menu Block Address. Apakah fitur ini sudah ditiadakan? Tidak juga! Coba buka sebarang pesan yang masuk ke Inbox Anda. Jika Anda merasa bahwa itu adalah e-mail SPAM, klik menu "This is Spam" yang terdapat di badan e-mail (pada bagian From).

Yahoo! Mail: Anda ingin diberitahu setiap kali ada pesan yang masuk ke mailbox Anda? Coba aktifkan Yahoo! messenger selama Anda online di internet. Ketika ada pesan e-mail yang masuk, Anda akan diberitahu melalui sebuah pop up window yang kecil.

Yahoo!: Jika Anda menggunakan beragam fasilitas dari Yahoo! (e-mail, groups, calendar, messenger, dan sebagainya), Anda bisa mengintegrasikan tampilan semuanya di halaman yang sama pada fitur "My Yahoo!". Klik DI SINI. (Kiriman: Dedi, Bandung)

Yahoo! Mail: Ketika mengirim e-mail, Anda bisa menyimpan copy-nya untuk Anda sendiri. Sebelum mengklik tombol "Send", beri tanda cek pada kotak di depan "Save copy to Sent folder".

Yahoo! Groups: Jika Anda hendak berhenti jadi anggota dari milis yang Anda ikuti, Anda tinggal mengirim EMAIL KOSONG ke alamat dengan rumus seperti ini: nama_milis-unsubscribe@yahoogroups.com. Misalnya untuk milis mailplus@yahoogroups.com, Anda cukup mengirim EMAIL KOSONG ke mailplus-unsubscribe@yahoogroups.com.

Yahoo! Mail: Pesan-pesan e-mail yang Anda kirim dapat secara otomatis tersimpan di "Sent Folder". Di kolom (frame) sebelah kiri window inbox Anda, klik Options. Pada halaman baru yang muncul di kolom (frame) kanan, klik Mail Preferences. Pilih "Yes" pada opsi "Save Sent Messages", lalu klik tombol "Save".

Yahoo!: Jika Anda mengetahui alamat e-mail teman Anda yang menggunakan Yahoo! Mail, sangatlah mudah untuk mengetahui alamat URL profil mereka yang bisa diakses dengan rumus http://profiles.yahoo.com/user. Contoh: Jika alamat e-mail teman Anda adalah susanti@yahoo.com, maka URL profilnya ada di http://profiles.yahoo.com/susanti.

...: Chating dan mIRC :...

mIRC: Perintah /notice digunakan untuk mengirim pesan kepada orang tertentu, tanpa harus membuka jendela private message. Contoh: /notice badnick Please change your nickname for this family channel akan menghasilkan tulisan seperti ini di jendela chatting: -> -badnick- Please change your nickname for this family channel.

mIRC: Untuk bergabung dengan sebuah channel yang telah Anda ketahui namanya, bisa dilakukan dengan mengetik /join #nama_channel. Misalnya: /join #bawel.

Chatting: Jika Anda rajin menggunakan sejumlah program chatting/instant messenger, seperti Yahoo! Messenger, MSN Messenger, ICQ, AOL Instant Messenger, dan mIRC, mungkin lebih baik jika Anda mengintegrasikannya ke dalam satu program khusus. Anda bisa mencoba program Trillian 0.73. Klik DI SINI untuk mendownloadnya.

mIRC: Untuk menghapus semua teks pada semua jendela (window) yang sedang terbuka, Anda tinggal mengetikkan perintah ini: /clearall.

mIRC: Anda bisa mendaftarkan nick tertentu di mIRC, agar tidak bisa dipakai orang lain. Ketik saja perintah ini: /nickserv register (password) (e-mail) (masukkan password dan e-mail tanpa tanda kurung).

mIRC: Untuk mengundang (invite) orang lain ke channel tertentu, gunakan perintah /invite {nickname} {#channel}.

Netscape 6.2: Ingin melihat kode-kode HTML dari halaman web yang sedang Anda buka? Tekan saja tombol Ctrl - U pada keyboard.

mIRC: Anda ingin mengetahui data dari orang yang baru saja meninggalkan IRC? Ketik saja /whowas {nickname}.

mIRC: Anda ingin mengetahui perintah-perintah dasar dalam mIRC? Ketik saja /help.

mIRC: Jika Anda hendak memilih jenis huruf yang akan digunakan ketika chatting, ketik saja /font. Lalu pilih font (jenis huruf) yang tersedia, sesuai keinginan Anda.

mIRC: Gunakan perintah /part {#channel} untuk meninggalkan channel tertentu.

mIRC: Untuk keluar dari sebuah channel, Anda dapat mengetik /leave #nama_channel. Misalnya: /leave #bawel.

mIRC Coba ketik /me [pesan] pada layar, misalnya /me lagi lapar berat. Jika nick Anda adalah joko76, maka di layar akan muncul tulisan *** joko76 lagi lapar berat.

mIRC: Untuk meninggalkan away message, ketik /away [isi pesan]. Misalnya: /away lagi ke belakang sebentar nih. Setelah Anda kembali di depan komputer, ketik lagi /away.

mIRC: Untuk melihat data teman chatting Anda, ketik /whois [nick]. Misalnya nick teman Anda aldi76. Maka ketiklah /whois aldi76.

mIRC: Untuk mengirim pesan pada nick tertentu, ketik /msg [nickname]|[channel] [teks]. Misalnya /msg jkt21, berarti pesan ini hanya untuk jkt21.

mIRC: Untuk mengubah nick Anda, ketik /nick [nick_baru]. Misalnya: /nick tonny76, maka nick Anda berubah jadi tonny76.

mIRC: Anda bisa membuka sejumlah jendela mIRC sekaligus agar dapat melakukan chatting pada berbagai server pada waktu bersamaan. Cukup ketikkan perintah ini di layar: mirc32.exe -sServerName.

mIRC: mIRC tidak bisa selalu memberitahu alasan apa yang menyebabkan koneksi Anda terputus. Untuk informasi lebih lanjut, coba masuk ke menu Options >> IRC >> Perform, lalu ketikkan /timer 0 30 ping $me. Ini akan memerintahkan mIRC untuk melakukan ping terhadap server setiap 30 menit sekali.

mIRC: Jika Anda sering mengunjungi channel tertentu, Anda bisa otomatis masuk ke sana setiap kali mengakses mIRC. Masuklah ke menu Options >> IRC >> Perform, lalu ketik /join #nama_channel.

mIRC: Untuk mengakses chat server tertentu, kliklah menu Options >> Connect, klik Add, masukkan nama servernya, klik Add, lalu klik "Connect to IRC server".

mIRC: Dengan mengetik /help, akan memunculkan daftar perintah-perintah umum di mIRC.

...: E-Mail :...

E-mail: Pernahkah Anda tanpa sengaja mengklik tombol Send, padahal Anda belum selesai mengetik isi pesan e-mail? Ini bisa mengakibatkan si penerima e-mail bigung karena ia membaca pesan yang belum selesai. Untuk menghindari kesalahan seperti ini, coba biasakan mengisi isian To (atau CC dan BCC) setelah Anda selesai mengetik seluruh isi pesan e-mail.

E-mail Client: Setelah pesan e-mail Anda terkirim, biasanya akan terjadi "pelipatan otomatis" pada teks di dalamnya. Pelipatan ini bisa berbeda pada setiap program e-mail, sehingga si penerima bisa melihat tampilan yang tidak sebagus ketika Anda mengetiknya. Untuk menghindari masalah seperti ini, cobalah untuk mengetik maksimal 65-70 karakter saja per baris.

E-mail: Jika Anda hendak mengirim/melampirkan file MS Word (berekstension .doc) via e-mail, alangkah lebih baiknya jika file tersebut terlebih dahulu disimpan dalam format RTF. Selain lebih aman dan lebih kecil kapasitasnya, ini akan lebih menjamin agar file tersebut bisa dibaca oleh orang yang menggunakan program pengolah kata yang berbeda.

E-mail: Mengirim lampiran (attachment) via e-mail memang mudah. Namun file-file berekstension tertentu - seperti .exe - sangat rentan terhadap penularan virus. Karena itu, ada baiknya file-file ini dikompres dulu dengan Winzip sebelum dikirim via e-mail. (Kiriman: Yadi, Jakarta Timur)

E-mail: Jika Anda mengirim pesan e-mail yang berisi link atau URL website, jangan lupa untuk selalu memulai alamatnya dengan http://. Sejumlah program e-mail tidak bisa menampilkan link dari URL yang hanya dimulai dengan www dan sebagainya. Jadi pencantuman http:// tersebut berguna untuk berjaga-jaga dan untuk memudahkan si penerima e-mail jika hendak mengklik URL tersebut.

Semua Program E-mail: Anda mungkin pernah menerima e-mail yang hanya berisi tulisan "Undisclosed-Recipient:...." di isian TO. Untuk membuat pesan e-mail seperti ini, coba masukkan alamat e-mail tujuan di isian BCC, sedangkan isian TO dan CC dikosongkan.

Semua Program E-mail: Mungkin Anda masih bingung dengan perbedaan antara "Reply" dan "Forward". Reply adalah membalas pesan e-mail yang ditujukan kepada si pengirim. Sedangkan Forward adalah mengirim atau meneruskan suatu pesan e-mail kepada penerima lainnya.

Semua Program E-mail: Ketika mengetik pesan e-mail, jangan lupa mengisi kolom "Subject" dengan kata atau kalimat singkat yang menggambarkan isi pesan Anda. Dengan cara ini, si penerima akan tahu inti dari pesan e-mail Anda sebelum mereka membukanya.

...: Mailing List (MILIS) :...

Mailing List: Jika Anda mengelola situs pribadi, mungkin Anda ingin menambah banyak pengetahuan dan wawasan untuk mengembangkan situs Anda agar lebih baik. Salah satu caranya, coba bergabung di mailing list Situspribadi.

Mailing List: Untuk membalas secara pribadi sebuah komentar anggota milis, Anda dapat menggunakan japri (jalur pribadi). Caranya, klik saja tombol "Reply" untuk membalas pesan tersebut. Hapus alamat email milis dari isian To:, dan ganti dengan alamat e-mail orang yang hendak Anda kirimi japri tersebut.

Mailing List: Jika Anda hendak menyapa seseorang di sebuah mailing list (milis), alangkah lebih baiknya menggunakan japri (jalur pribadi) dengan mengirim pesan langsung ke alamat e-mail orang tersebut, bukan ke alamat e-mail milis tersebut.

...: Instant Messenger :...

Yahoo! Messenger (YM): Anda bisa mengatur bagaimana YM akan mengarsip jejak chatting Anda. Klik Login >> Preferences. Pada kolom kiri (Category), pilih Archive, dan lakukan pengaturan sesuai keinginan Anda. Setelah selesai, klik OK.

Yahoo! Messenger (YM): Anda tidak suka dengan kehadiran Yahoo! Helper pada daftar Friends Anda? Pada window YM Anda, klik Login * Preferences. Pada kotak dialog yang muncul, pilih kategori General (kolom kiri). Pada kolom kanan, hilangkan tanda cek pada kotak di depan tulisan "Show Yahoo! Helper in my friend list", lalu klik OK.

Yahoo! Messenger (YM): Anda dapat mengarsip hasil-hasil pembicaraan dengan teman-teman Anda. Pada window YM Anda, klik Login * Preferences. Pada kotak dialog yang muncul, pilih kategori Messages (kolom kiri). Pada kolom kanan, beri tanda cek pada kotak di depan tulisan "Enable Archiving", lalu klik OK.

Yahoo! Messenger (YM): Anda dapat menyembunyikan status online Anda dari teman-teman Anda, sehingga terlihat seolah-olah Anda sedang offline. Pada sudut kiri-bawah window YM Anda, klik untuk menampilkan opsi status, lalu pilih "Invisible".

Yahoo! Messenger: Ketika mengklik setiap link dari menu-menu di Yahoo! Messenger, Anda mungkin ingin agar link-link tersebut terbuka dalam jendela baru. Caranya, klik menu Login >> Preferences. Pada bagian General, beri tanda centang di depan "Always open browser in a new window", lalu klik OK

Yahoo! Messenger: Jika Anda penggemar Yahoo! Messenger, mungkin tertarik untuk mendownload berbagai IMVironments untuk memberikan suasana yang lebih meriah dan atraktif pada aktivitas chatting Anda. Coba klik DI SINI untuk melihat koleksi IMVironments selengkapnya.

Yahoo! Messenger: Anda hanya ingin ngobrol dengan teman-teman yang tercantum di Friend List, dan tidak mau "diganggu" oleh orang lain? Klik menu Login >> Preferences. Pada bagian Privacy, klik pada opsi "Ignore anyone who is not on my Friend List".

Instant Messenger: Yahoo! Messenger merupakan program Instant Messenger (IM) yang terpopuler di Indonesia. Padahal masih banyak IM lain yang tak kalah bagus. Contohnya adalah American Online Instant Messenger yang sangat populer di Amerika Serikat. Program ini dapat Anda download di www.aim.com.

AOL Instant Messenger: Anda dapat memilih siapa saja yang bisa menghubungi Anda untuk mengajak chatting. Pada window AOL Anda, klik My Aim * Edit Options * Edit Preferences. Pada kotak dialog yang muncul (kolom kiri), pilih menu Privacy. Tentukan pilihan Anda pada opsi "Who can contact me", lalu klik OK.

AOL Instant Messenger: Anda dapat mengetahui profil teman chatting (buddy) Anda. Klik-kanan screen name teman tersebut, lalu pilih Get Member Info.

AOL Instant Messenger: Anda dapat mengatur agar AOL mengingatkan Anda (alert) jika teman Anda sudah mulai online. Dari buddy list, klik-kanan nama (screen name) teman Anda tersebut, lalu pilih "Alert me when [screen name] is available".

...: Lain-Lain :...

Webmail: Anda ingin memiliki alamat e-mail gratis dengan domain yang unik, sesuai kepribadian Anda? Coba gunakan layanan MyOwnEmail.com yang menyediakan lebih dari 200 personalized domain names.

Webmaster: Anda ingin menempatkan tip harian (seperti Today's Tip ini) di situs Anda, tapi tidak punya waktu untuk meng-update-nya tiap hari? Coba gunakan layanan gratis Daily Tip Feed dari situs Sitepoint.com.

Web Design: Jika Anda punya situs dan ingin menempatkan berita-berita terbaru dari berbagai kategori di situs tersebut, coba gunakan layanan gratis dari Moreover.com. Klik DI SINI untuk informasi selengkapnya.

CyberForum CBN: Untuk menampilkan Avatar pada profil dan setiap komentar yang Anda tulis, coba klik My Center (setelah Anda login), lalu klik Avatar. Klik Browse untuk memilih avatar dari harddisk Anda. Pada pilihan "Show my avatar?", pilih Yes. Setelah itu klik Submit.

Bandwidth Speed: Ada banyak situs yang menyediakan layanan tes bandwidth. Salah satu situs yang cukup baik dan layak Anda coba adalah Bandwidthplace.

Online Shopping: Jika Anda merasa tidak aman bertransaksi online menggunakan kartu kredit, sebagai gantinya Anda bisa berbelanja di situs-situs Indonesia. Mereka biasanya menerima pembayaran selain dengan kartu kredit, seperti transfer antarrekening, cash on delivery (COD), ATM, dan sebagainya. (Kiriman: Sisca, Jakarta Timur)

Keamanan Berinternet: Jika Anda harus memasukkan nomor kartu kredit (atau data penting lainya) di situs tertentu, tindakan hati-hati tentu diperlukan. Dua di antara faktor paling penting yang harus Anda perhatikan: (1) Pastikan alamat URL halaman web tersebut diawali dengan https, dan (2) pada status bar (Internet Explorer) terdapat gambar gembok (SSL secured (128 bit)).

Portal CBN: Jika Anda menemukan artikel yang menarik di Portal CBN, dan ingin Anda kirim kepada rekan-rekan Anda, coba klik lambang amplop yang terdapat pada bagian kanan-bawah artikel tersebut. Isi formulir yang tersedia, lalu klik "Send". Teman Anda akan segera mendapat kiriman artikel tersebut.

Hotmail: Untuk memblokir alamat e-mail tertentu, beri tanda centang di depan pesan yang hendak diblokir, lalu klik "Block". Pada halaman berikutnya yang muncul, klik OK.

Sumber: tidak terdefinisi (naon deui)

Jangan lupa untuk melihat "Tips 'n Trik Edan Pizan" yang lainnya....

(kim-munk the alone boys)

Content Gue