Search Engine

Tip n Trik Buat Browser

(27Des09,3:19,Dini Hari)
Tips 'n Trik Edan Pizan - Browser
Asalamualaikum wr wb

Allow semua... disini dnelz akan memberikan "Tips 'n Trik Edan Pizan", disini kamu akan mengetahui seluk-beluk tentang "Browser" seperti Internet Explorer, Netscape, yang di dapat dari berbagai sumber.

Semoga berguna ya..

===== BROWSER =====


...: Internet Explorer :...

Internet Explorer: Anda bisa mencetak bagian-bagian tertentu saja dari isi sebuah halaman web. Seleksilah (block) bagian yang hendak dicetak, lalu klik-kanan dan pilih "Print". Pada kotak dialog "Print" yang muncul, pilih Print Selection (istilah ini bisa berbeda untuk setiap printer).

Internet Explorer: Anda dapat mengirim sebuah halaman web via e-mail dengan mengklik menu File * Send, lalu pilih Page By Email. Ketika halaman web tersebut telah masuk ke kotak pesan program e-mail Anda (misalnya Outlook Express), Anda dapat leluasa mengedit isinya sebelum dikirim.

Internet Explorer: Anda menempatkan toolbar Links di jendela IE Anda? Mungkin Anda bosan melihat semua link diberi ikon yang seragam. Untuk mengubah ikon link tertentu, coba klik-kanan ikon tersebut, pilih Properties, lalu klik Change Icon.

Internet Explorer: Inilah alternatif lain untuk melakukan scrolling up dan down pada Jendela IE Anda: Tekan spacebar untuk scroll down, dan Shitf-spacebar untuk scroll up.

Internet Explorer: Anda tidak menyukai tampilan link pada halaman web yang bergaris bawah? Coba hilangkan dengan cara ini: Klik menu Tools >> Internet Options. Masuklah ke tab Advanced, cari bagian Underline Links, lalu pilih Never, dan klik OK.

Internet Explorer: Jika nama-nama situs di menu Favorites Anda terlalu panjang, Anda dapat menggantinya dengan mudah. Klik menu Favorites, cari nama situs yang hendak diganti namanya tersebut, klik-kanan, lalu pilih Rename. Ketik nama yang baru, lalu klik OK.

Internet Explorer (IE): Ketika menjalankan IE, mungkin browser Anda pernah mengakses halaman Windows Update (bukan default homepage Anda). Halaman ini berfungsi untuk mengingatkan tentang aplikasi-aplikasi Windows Anda yang mungkin perlu di-update. Jika Anda tidak terlalu peduli dengan hal ini, abaikan saja halaman Windows Update tersebut, dan silahkan browsing ke situs lain.

Internet Explorer: Ketika membuka halaman web tertentu, Anda mungkin pernah mendapatkan "jendela peringatan" yang berisi informasi tentang script error pada halaman tersebut. Jika Anda tidak mau melihat "jendela peringatan" ini, coba klik menu Tools >> Internet Options. Pada tab Advanced, hilangkan tanda centang di depan "Disable a notification about every script error", lalu klik OK.

Internet Explorer: Untuk melakukan berbagai setting di Internet Explorer, kita biasanya mengakses menu Tools >> Internet Options dari jendela IE yang terbuka. Sebenarnya kita bisa melakukan hal yang sama tanpa harus membuka jendela IE. Klik-kanan ikon IE di Desktop (atau di lokasi mana saja ikon itu berada), lalu pilih Properties.

Internet Explorer: Ada cara cepat untuk memasukkan sebuah situs ke daftar Favorites Anda. Ketika situs tersebut telah terbuka, tekan tombol Ctrl + D pada keyboard. (Kiriman: Andi, Bogor)

Internet Explorer: Anda menemukan sebuah halaman web yang menarik, dan ingin mengirimnya ke teman Anda via email? Dari jendela halaman web tersebut, klik menu File, lalu pilih Send >> Page by Email.

Internet Explorer: Anda sedang malas menggunakan mouse untuk browsing? Coba gunakan tombol Tab pada keyboard Anda untuk berpindah dari satu link ke link lain. Setelah menemukan link yang hendak Anda buka, tekan tombol Enter.

Internet Explorer: Anda bisa membuka window baru yang isinya sama dengan halaman web yang sedang Anda buka. Dari halaman web yang terbuka tersebut, Anda cukup mengklik tombol Ctrl + N pada keyboard Anda.

Internet Explorer: Anda bisa melakukan pengaturan terhadap Favorites dengan mengklik menu Favorites >> Organize Favorites. Jika Anda merasa langkah ini terlalu panjang, ada shortcut untuk memperpendeknya: Tekan tombol Ctrl + B pada keyboard Anda.

Internet Explorer: Anda bisa memilih program-program default untuk aplikasi-aplikasi tertentu, seperti e-mail, Address Book, dan sebagainya. Klik menu Tools >> Internet Options. Klik tab Programs, lalu lakukan modifikasi sesuai keinginan Anda.

Internet Explorer / Netscape 6: Anda dapat mengakses FTP sites dengan mudah melalui IE dan Netscape 6. Untuk FTP site yang mengharuskan Anda memasukkan password, cukup ketikkan alamat URL-nya di Address Bar, dengan rumus seperti ini: ftp://username: password@ftpname/, lalu tekan Enter (antara "username:" dan "password" tidak ada spasi).

Internet Explorer: Untuk membuka sebuah link dengan window baru, Anda biasanya mengklik-kanan link tersebut, lalu memilih "Open in New Window" dari menu pop up yang muncul. Namun ada cara yang lebih praktis: Klik link tersebut (bukan klik-kanan) sambil menekan tombol Shift pada keyboard Anda.

Internet Explorer: Anda penasaran untuk mengetahui ukuran pixel foto yang terdapat pada sebuah halaman web? Coba klik-kanan foto tersebut, lalu pilih Properties. Ukuran pixel foto tersebut terdapat pada bagian Dimensions.

Internet Explorer: Mungkin Anda sering melihat content halaman web tertentu yang belum berubah juga, padahal sebenarnya sudah di-update dengan yang baru. Agar Anda dapat melihat content yang baru tersebut, coba tekan tombol Ctrl-F5 pada keyboard Anda.

Internet Explorer (IE): Jika di jendela IE Anda tidak ada kolom isian Address, atau Anda memutuskan untuk tidak menampilkannya, Anda masih bisa mengakses alamat-alamat situs seperti biasanya. Tekan tombol Ctrl + O pada keyboard Anda, ketik URL situs yang hendak Anda buka, lalu klik OK.

Internet Explorer: Kita biasanya bisa mendownload file dari internet dengan cara mengklik link dari file tersebut, lalu kotak dialog Download akan muncul secara otomatis. Jika cara ini tidak berjalan, coba klik-kanan link tersebut, lalu pilih "Save Target As...".

Internet Explorer + Windows 98: Anda bisa mengelola menu Favorites dengan mengklik Favorites >> Organize Favorites. Tapi cara ini mungkin kurang leluasa bagi Anda. Untuk cara yang lebih gampang, coba buka Windows Explorer (Start >> Programs >> Windows Explorer), lalu masuk ke folder C:\WINDOWS\Favorites. Dari sini Anda bisa mengelola menu Favorites dengan lebih mudah.

Internet Explorer: Anda bisa mengubah nama sebuah link (situs) pada menu Favorites. Klik menu Favorites, cari nama link yang hendak diganti namanya. Klik-kanan pada link tersebut, lalu pilih "Rename".

Internet Explorer: Jika Anda tidak menghendaki adanya garis bawah pada setiap hyperlink yang muncul pada halaman web, coba klik Tools >> Internet Options. Klik tab Advanced, lalu pada opsi Underline links, pilih Never.

Internet Explorer: Anda dapat menggunakan tanda panah (arrow) ke atas dan bawah untuk menggulung layar. Ini lebih menghemat tenaga ketimbang Anda menggulung layar dengan cara menggeser scrolling bar dengan mouse.

Internet Explorer (IE): Untuk mengakses menu Internet Options pada IE, Anda biasanya mengklik Tools >> Internet Options melalui jendela IE Anda. Sebetulnya ada cara yang lebih mudah: Klik-kanan ikon IE yang terdapat di Desktop, lalu pilih Properties.

Internet Explorer: Jika Anda menyukai http://www.msn.com/ dan ingin menjadikan situs ini sebagai default homepage Anda, cukup lakukan langkah ini: Klik Tools >> Internet Options. Pada tab General, bagian Homepage, pilih Use Default, lalu klik OK.

Internet Explorer: Anda ingin mengetahui kode-kode HTML yang membangun halaman web yang sedang Anda buka? Klik menu View, lalu pilih Source.

Internet Explorer: Anda ingin mengirimkan masukan (feedback) kepada Microsoft? Klik menu Help, lalu pilih "Send Feedback".

Internet Explorer: Anda dapat menghilangkan teks yang menyertai menu-menu di toolbar. Klik-kanan pada sembarang menu, lalu pilih Customize. Pada pilihan "Text options", pilih "no text labels".

Internet Explorer: Banyak cara untuk melakukan scrolling (menggulung) layar. Tapi ada satu cara yang barangkali belum Anda ketahui: Tekan tombol spasi, dan layar akan menggulung ke bawah. Untuk menggulung layar ke atas, tekan Shift + spasi.

Internet Explorer: Untuk memasukkan sebuah situs ke dalam daftar Favorites Anda, klik menu Favorites pada window Internet Explorer, lalu pilih "Add to Favorites".

Internet Explorer Anda menemukan halaman web yang mengandung frame, dan ingin mencetak salah satu frame saja? Klik-kanan pada area kosong di frame tersebut, lalu pilih "Print".

Internet Explorer: Anda dapat melihat halaman-halaman web terakhir kali Anda kunjungi dengan mengklik menu History. Kolom "History" akan muncul di sebelah kiri.

Internet Explorer: Anda dapat menulis pesan e-mail baru dari Internet Explorer (IE). Caranya, ketikkan mailto:alamat_email (misalnya (mailto:joko@yahoo.com) di kotak isian Address IE Anda, dan lihat apa yang terjadi.

Internet Explorer: Ketika membuka sebuah halaman web, Anda mungkin menemukan kotak kosong yang seharusnya berisi gambar/image. Untuk memunculkan gambar/image tersebut, klik-kanan pada kotaknya, lalu pilih "Show Picture".

Internet Explorer: Jika Anda merasa terlalu lama menunggu ketika mengakses suatu web site, coba klik tombol "Stop". Setelah itu klik "Refresh".

Internet Explorer: Selain menggunakan tombol Back dan Forward, Anda dapat berpindah ke halaman sebelumnya dengan menekan tombol Alt + panah-kanan pada keyboard Anda. Untuk berpindah ke halaman berikutnya, tekan tombol Alt + panah-kiri atau backspace.

Internet Explorer: Anda dapat membesarkan atau mengecilkan tampilan huruf (font) suatu halaman web dengan mengklik menu View * Text Size. Tekan tombol F5 untuk me-refresh tampilan layar.

Internet Explorer: Anda dapat menjadikan halaman web yang sedang terbuka sebagai halaman awal default Anda. Klik menu Tools * Internet Options, lalu klik "Use Current".

Internet Explorer: Di Address Bar, Anda dapat berpindah dari bagian-bagian alamat URL dengan mengklik tombol Ctrl + panah kanan/kiri.

Internet Explorer/Netscape: Anda dapat masuk ke halaman awal (default homepage) Anda dengan mudah, yaitu cukup klik tombol "Home".

Internet Explorer: Anda dapat menampilkan window Internet Explorer Anda dalam mode Full Screen. Cukup tekan tombol F11 pada keyboard Anda. Untuk mengembalikan ke tampilan semula, tekan lagi tombol F11.

Internet Explorer: Situs-situs e-commerce biasanya dilengkapi dengan sistem keamaan yang tinggi untuk menjamin keamanan proses transaksi online. Situs yang dilengkapi dengan sistem keamanan ini ditandai dengan munculnya gambar gembok pada status bar jendela Internet Explorer. Untuk mengetahui lebih lanjut tentang "status keamanan" situs tersebut, klik dua kali gambar gembok tersebut.

Internet Explorer: Anda dapat menambah atau mengurangi menu-menu yang terdapat di toolbar. Klik-kanan pada sembarang menu, lalu pilih Customize.

Internet Explorer: Anda dapat memindahkan kursor ke Address Bar secara cepat dengan mengklik tombol Alt + D pada keyboard Anda.

Internet Explorer: Anda dapat melihat halaman-halaman web terakhir yang Anda kunjungi dengan mengklik menu History pada toolbar. Kolom "History" beserta daftarnya akan muncul di bagian kiri layar monitor.

Internet Explorer: Anda ingin mengubah urutan ikon-ikon di menu Links? Cukup drag (seret) saja ikon-ikon tersebut dengan kursor, lalu pindahkan (drop) ke lokasi yang Anda inginkan.

Internet Explorer & Netscape Navigator: Untuk menampilkan menu History, klik Ctrl + H.

Internet Explorer: Jika Anda ingin mengetik alamat URL - misalnya - http://www.detik.com di Address Bar, Anda tinggal mengetik detik, lalu tekan Ctrl + ENTER. Maka secara otomatis akan muncul http://www dan .com. Tip ini dapat Anda coba untuk semua URL dengan domain .com.

Internet Explorer: Anda ingin membuka banyak link dari halaman web yang sama, dan ingin menghemat waktu? Klik-kanan saja setiap link yang hendak dibuka tersebut, lalu pilih "Open in New Window".

Internet Exlporer & Netscape Navigator: Jika Anda membuka sebuah situs berita dan melihat berita-beritanya belum up to date, coba klik menu Refresh (Internet Explorer) atau Reload (Netscape Navigator) untuk melihat berita-berita terbaru.

Internet Explorer: Untuk menyimpan sebuah halaman web atau gambar di halaman web tanpa membukanya, klik-kanan pada link-nya, lalu pilih Save Target As.

Internet Explorer: Anda dapat mempelajari perbedaan-perbedaan antara Internet Explorer dengan Netscape Navigator. Klik menu Help, lalu pilih For Netscape Users.

Internet Explorer: Jika Anda ingin mengetahui lebih jauh tentang World Wide Web, klik menu Help lalu pilih Tour.

Internet Explorer: Anda dapat menginstal komponen-komponen tambahan Internet Explorer dengan mengklik menu Tools, lalu pilih Windows Update.

Internet Explorer: Anda dapat menampilkan shortcut halaman web tertentu pada desktop Anda. Klik-kanan pada sembarang tempat kosong di halaman web tersebut, lalu pilih "Create Shortcut".

Internet Explorer: Agar akses internet Anda lebih cepat, klik Tools * Internet Options, lalu pilih tab Advanced. Pada bagian Multimedia, buang tanda cek pada kotak di depan option "Play Sounds" dan "Show pictures", lalu klik OK.

Internet Explorer: Inilah beberapa shortcut yang berhubungan dengan menu Favorites: Tekan Ctrl-D pada keyboard untuk memasukkan halaman web yang sedang terbuka ke Favorites. Untuk membuka kotak dialog Organize Favorites, tekan Ctrl-B.

Internet Explorer: Ada banyak cara untuk mengakses default homepage pada browser Anda. Salah satu cara yang gampang adalah dengan mengklik tombol Alt + Home pada keyboard.

Internet Explorer: Jika default homepage Anda adalah halaman web tertentu, mungkin Anda kesulitan jika hendak menampilkan sebuah halaman web yang kosong. Sebenarnya, gampang saja. Di Address Bar, ketik about:blank lalu tekan Enter.

Internet Explorer 4
Internet Explorer 4: Anda bosan dengan warna link di halaman web yang selalu biru? Coba diganti dengan langkah mudah ini: Klik menu View >> Options. Pada tab General, masuklah ke kotak Links, ubah warna sesuai keinginan Anda, lalu klik OK. (Kiriman: Jefry, Bekasi)

Internet Explorer 5
Internet Explorer 5: Untuk menampilkan ukuran font yang lebih besar atau lebih kecil, klik menu View, lalu pilih Text Size. Klik F5 untuk me-refresh tampilan layar.

Internet Explorer 5: Jika Anda masuk ke sebuah web site yang mengandung frame, simak tip berikut: Untuk pindah dari satu frame ke frame lain, tekan Ctrl + Tab. Untuk kembali ke frame sebelumnya, klik Shift + Ctrl + Tab.

Internet Explorer 5: Anda menemukan halaman web yang menarik, lalu ingin dikirim pada rekan-rekan Anda? Klik menu File * Send, lalu pilih "Page by E-mail..." atau "Link by E-mail".

Internet Explorer 5: Anda dapat mencetak semua dokumen yang berhubungan dengan halaman web tertentu. Dalam kotak dialog Print, beri tanda cek pada kotak di depan tulisan "Print all linked documents".

Internet Explorer 5: Anda dapat menghapus data histori dari semua formulir yang telah Anda isi di internet. Klik Tools * Internet Options. Masuk ke tab Content, klik AutoComplete, lalu klik Clear Forms.

Internet Explorer 5: Jika di komputer Anda terinstal Yahoo Messenger, Anda dapat menempatkan ikonnya di menu Internet Explorer. Klik View * Toolbar * Customize.... Cari dan pilih ikon Yahoo Messenger di kolom sebelah kiri, lalu klik Add ->. Klik Close untuk menyimpan setting ini.

Internet Explorer 5: Tips untuk halaman web yang mengandung frame: Untuk mencetak satu frame tertentu, Anda tinggal mengklik-kanan pada frame tersebut, lalu pilih "Print".

Internet Explorer 5: Untuk setiap security zone, Anda dapat menentukan untuk menerima atau tidak menerima "cookies" di komputer Anda. Info selengkapnya dapat Anda lihat di bagian "cookies" di Help Index.

Internet Explorer 5: Anda dapat mengatur tingkat sekuriti yang berbeda-beda untuk setiap web site. Klik menu Tools * Internet Options, lalu pilih tab Security.

Internet Explorer 5: Anda bisa menentukan halaman default ketika membuka Internet Explorer (IE). Klik menu Tools * Internet Options. Pada isian Address di tab General, masukkan alamat URL situs yang Anda kehendaki (misalnya http://www.cbn.net.id). Jika Anda ingin menampilkan halaman kosong sebagai default, klik "Use Blank".

Internet Explorer 5: Untuk mengetahui lebih banyak tentang fitur-fitur Internet Explorer, silahkan klik menu Help, lalu pilih "Contents and Index".

Internet Explorer 5: Anda mencetak sebuah halaman web, tapi warna background-nya tidak ikut tercetak? Coba klik menu Tools * Internet Options, lalu pilih tab Advanced. Gulung layar ke bawah untuk mencari opsi Printing. Beri tanda cek pada kotak di depan tulisan "Print background colors and images", lalu klik OK.

Internet Explorer 5: Membuang file-file temporer (temporary files) dapat memberikan ruang yang lebih banyak bagi harddisk komputer Anda. Klik menu Tools * Internet Options, lalu klik "Delete Files".

Internet Explorer 5: Anda merasa ukuran huruf (font) di halaman web tertentu terlalu besar atau kecil? Klik menu View * Text Size, lalu pilih ukuran font yang sesuai pilihan Anda.

Internet Explorer 5: Data dari halaman web yang Anda akses akan tersimpan secara temporer di folder C:\Windows\Temporary Internet Files dengan kuota tertentu. Anda dapat mengatur besarnya kuota ini dengan mengklik menu Tools * Internet Options, lalu klik tombol Settings.

Internet Explorer 5: Anda dapat melihat "Tip of the Day" dari Internet Explorer dengan mengklik View * Explorer Bar, lalu pilih "Tip of the Day".

Internet Explorer 5: Anda dapat menampilkan Tip of the Day dengan mengklik menu Help * Tip of the Day, atau View * Explorer Bar * Tip of the Day.

Internet Explorer 5: Anda bisa mengatur tingkat keamanan dari halaman-halaman web yang Anda kunjungi dengan mengklik Tools >> Internet Options. Masuk ke tab Security, lalu klik "Custom Level".

Internet Explorer 5: Jika Anda sering menggunakan search engine Google, Anda bisa menempatkan Google Toolbar di jendela IE Anda. Klik DI SINI untuk informasi lebih lanjut.

Internet Explorer 5: Anda kesulitan mencari kata-kata tertentu yang terdapat di sebuah halaman web? Coba klik menu Edit * Find (On This Page) (shortcut: Ctrl+F).

Internet Explorer 5: Untuk menghilangkan daftar alamat URL yang muncul di address bar, klik menu Tools * Internet Options. Pada tab General, klik "Clear History".

Internet Explorer 5: Anda bisa membuat halaman web yang sedang terbuka sebagai halaman default (homepage) ketika membuka IE. Klik Tools >> Internet Options. Pada tab General, klik "Use Current".

Internet Explorer 5: Anda dapat menghilangkan data atau "jejak" situs-situs web terakhir yang Anda kunjungi. Caranya, klik menu Tools * Internet Options. Pada tab General, klik "Clear History".

Internet Explorer 5/6: Untuk menghapus file-file di folder Temporary Internet Files, klik menu Tools * Internet Options, lalu klik "Delete files".

Internet Explorer 5: Anda dapat menyimpan (save) halaman web tertentu dengan mengklik menu File * Save As.

Internet Explorer 5: Anda dapat memfilter web site mana saja yang dapat diakses oleh komputer Anda. Caranya, klik menu Tools * Internet Options. Pilih tab Content, lalu klik "Enable".

Internet Explorer 5: Untuk menghilangkan garis bawah pada link-link di halaman web, klik menu Tools * Internet Options, lalu pilih tab Advanced. Pada opsi "Underlina links", pilih Never, lalu klik OK.

Internet Explorer 5: Anda dapat mengelola menu Favorites dengan mengklik menu Favorites lalu pilih Organize Favorites. Di sini Anda dapat memindah item tertentu, menghapus, membuat folder baru, memberi nama baru, dan sebagainya.

Internet Explorer 6.0
Internet Explorer 6.0: Anda ingin tahu apakah IE merupakan default browser Anda? Coba klik Tools >> Internet Options. Masuklah ke tab Programs, beri tanda cek pada kotak di depan "Internet Explorer should check to see whether it is the default browser". Klik OK.

Internet Explorer 6: Anda dapat mengirim sebuah gambar di halaman web melalui e-mail, tanpa harus menyimpan gambar tersebut terlebih dahulu ke komputer Anda. Klik-kanan gambar tersebut, lalu pilih "E-mail Picture".

Internet Explorer 6: Anda dapat mengubah setting penyimpanan Temporary Internet Files. Klik Tools >> Internet Options. Pada tab General, klik "Settings".

Internet Explorer: Anda bisa memunculkan kolom History di bagian kiri jendela IE. Klik History atau Ctrl + H, maka Anda akan dapat melihat halaman-halaman web yang terakhir kali Anda kunjungi.

Internet Explorer 6: Anda dapat melihat link-link yang berkaitan atau mirip dengan halaman web yang sedang Anda buka. Klik menu Tools > Show Related Links.

Internet Explorer 6: Untuk mencetak foto (image) yang Anda temukan di halaman web, klik-kanan foto tersebut, lalu pilih "Print Picture".

Internet Explorer 6: Anda bisa mengatur dan mengetahui level privasi sebuah web site yang Anda kunjungi. Klik menu View, lalu pilih "Privacy Report".

Internet Explorer 6: Ada cara gampang untuk menyiasati halaman web yang tidak memperbolehkan klik-kanan. Klik pada sembarang tempat pada halaman web tersebut, lalu tekan tombol Shift + F10 pada keyboard Anda.

Internet Explorer 6: Ada cara gampang untuk membuat sebuah halaman web yang sedang terbuka sebagai default homepage Anda. Seret (drag) lambang IE pada Addreess Bar ke menu Home di toolbar. Ketika muncul kotak pesan "Would you like to set your homepage to "....", klik OK.

Internet Explorer 6: Jika Anda bosan melihat pesan Script error di status bar IE, Anda dapat menghilangkannya dengan mudah. Klik Tools >> Internet Options, lalu masuk ke tab Advanced. Beri tanda cek di depan "Disable script debugging", dan hilangkan tanda cek di depan "Display notification about every script error". Klik OK.

Internet Explorer 6: Anda bosan dengan animasi file GIF di halaman web? Coba hilangkan dengan mengklik Tools >> Internet Options. Klik pada tab Advanced, lalu di bagian Multimedia, hilangkan tanda cek pada kotak di depan "Play animations in web pages". Klik OK.

Internet Explorer 6: Jika Anda pecinta Yahoo!, Anda bisa menambahkan toolbar Yahoo (seperti search tool, messenger dan sebagainya) ke jendela IE 6 Anda. Untuk info selengkapnya, coba klik DI SINI.

Internet Explorer 6: Anda tidak mau repot-repot menghapus file-file di Temporary Folder? Coba perintahkan saja IE 6.0 melakukannya secara otomatis setiap kali Anda menutup jendela IE. Klik Tools >> Internet Options. Masuklah ke tab Advanced, cari dan berilah tanda cek pada kotak di depan "Empty Temporary Internet Files folder when browser is closed", lalu klik OK.

Internet Explorer 6: Ada berbagai cara untuk mengakses menu Favorites. Salah satu cara yang gampang: tekan tombol Ctrl + I (Ctrl dan I) untuk menampilkan menu Favorites di sisi-kiri jendela IE Anda. Untuk menutupnya, tekan kembali tombol Ctrl + I.

Internet Explorer 6: Selain dengan mengklik "Search" pada toolbar, Anda dapat menampilkan menu Search dengan mengklik View >> Explorer Bar >> Search. Atau cara yang singkat, cukup tekan tombol Ctrl + E pada keyboard Anda.

Internet Explorer 6: Alamat-alamat URL yang terakhir kali Anda akses, akan tersimpan di Address Bar. Untuk menampilkannya, ada beberapa cara yang dapat dilakukan. Salah satu cara yang gampang adalah dengan menekan tombol F4 pada keyboard Anda. (Kiriman: Deri, Jakarta)

Internet Explorer 6: Anda bisa melihat dan mengatur privacy setting untuk situs-situs tertentu. Klik menu View >> Privacy Report, lalu lakukan pengaturan dari kotak dialog yang muncul.

Internet Explorer 6: Anda bisa melakukan pengaturan setting tampilan ketika Anda akan mencetak halaman web. Klik menu File, pilih File Setup, lalu lakukan pengaturan yang Anda inginkan.

Internet Explorer (IE) 6: Ketika sedang membuka jendela IE, Anda mungkin teringat untuk membuka folder tertentu di harddisk Anda. Untuk itu, Anda tidak perlu "meninggalkan" IE lalu membuka Windows Explorer. Cukup ketikkan saja alamat folder tersebut di Address Bar IE. Misalnya, ketik C:\My Documents lalu tekan Enter.

Internet Explorer 6: Ada cara mudah untuk membuat sebuah situs sebagai default homepage Anda. Ketika situs tersebut terbuka, arahkan mouse Anda pada Address Bar, lalu seret lambang IE yang muncul di situ ke tombol Home. Ketika muncul kotak pop up kecil, klik Yes.

Internet Explorer 6: Jendela IE Anda dapat tampil seperti Windows Exlorer: Setiap kali Anda membuka jendela baru, pada panel kiri akan muncul kolom Folder. Coba klik-kanan ikon Internet Explorer yang terdapat di menu Start, pilih Properties, lalu masuklah ke tab Shortcut. Pada isian Target, arahkan kursor ke bagian akhir baris, tekan space, lalu ketik -e. Klik OK.

Internet Explorer 6: Salah satu fitur baru di IE 6 adalah Image Bar yang muncul jika mouse kita arahkan ke atas sebuah gambar (image). Jika Anda tidak menyukai fitur ini, coba hilangkan dengan cara: Klik Tools >> Internet Options, masuk ke tab Advanced, lihat ke bagian Multimedia, dan hilangkan tanda cek di depan "Enable Image toolbar".

Internet Explorer 6: Jika komputer Anda dipakai beramai-ramai, mungkin lebih baik jika dibuat setting untuk menjaga privasi Anda. Coba klik Tools >> Internet Options. Klik tab Advanced, lalu pada bagian Security, beri tanda cek di depan "Do not save encrypted pages to disk." Klik OK.

Internet Explorer 6: Untuk mengakses default homepage pada IE, biasanya Anda cukup mengklik menu Home. Sebetulnya masih banyak cara lain untuk melakukan hal itu. Satu di antaranya: ketik tanda titik (.) dua kali pada kotak isian Address, lalu tekan Enter.

Internet Explorer 5.5/6: Untuk mengatur setting keamanan IE Anda, bisa dilakukan dengan mengklik menu Tools <<>> Find (atau tekan tombol Ctrl-F), masukkan kata kunci yang Anda ingin cari di kotak yang tersedia, lalu klik Find Next.

Internet Explorer 6: Anda dapat mengubah tampilan huruf default di setiap halaman web. Klik menu Tools * Internet Options, lalu klik tombol Fonts.

Internet Explorer 6: Ini adalah salah satu fasilitas terbaru di IE 6: Klik menu View * Toolbars * Lock the Toolbars. Maka semua toolbar di IE akan terkunci, tidak dapat dipindah-pindahkan.

Internet Explorer 6: Jika di jendela browser Anda terdapat toolbar Links, Anda bisa mengakses situs tertentu yang terdapat di toolbar tersebut dengan mengkliknya. Atau cara lain: Seret saja ikonnya ke isian Address.

Internet Explorer 6: Daftar situs dan folder di menu Favorites Anda terlalu panjang? Anda bisa membuat agar yang terlihat hanya yang paling sering Anda akses. Sementara Favorites yang jarang diakses, bisa di-expand jika dibutuhkan. Klik Tools >> Internet Options, masuk ke tab Advanced, beri tanda cek di depan Enable Personalized Favorites Menu, lalu klik OK.

Internet Explorer 6: Jika Anda hendak mencetak sebuah halaman web, Anda dapat mengecek tampilan cetaknya (print preview) sebelum halaman tersebut dicetak. Klik menu File, lalu pilih Print Preview.

Internet Explorer 6: Anda ingin tahu kapan dan siapa yang terakhir kali mengunjungi situs-situs yang terekam pada menu Favorites? Klik menu Favorites >> Organize Favorites. Pada kotak dialog Organize Favorites yang muncul, sorotlah URL yang Anda inginkan, lalu lihat pada kolom kiri, kotak terbawah. Data yang Anda inginkan tersedia di situ. Klik Close untuk menutup kotak dialog.

...: Netscape :...

Netscape: Ada banyak cara untuk mengakses default homepage pada browser Anda. Salah satu cara yang gampang adalah dengan mengklik tombol Alt + Home pada keyboard.

Netscape 7: Ada banyak search engine yang dapat Anda pilih di Netscape 7. Cara memilihnya pun mudah: Klik menu Bookmarks >> Search and Directory, lalu pilih search engine yang Anda inginkan: Netscape Search, Ask Jeeves, Google, Overture, LookSmart, atau Lycos.Netscape 6: Anda bisa "menghalau" cookies dari situs-situs yang tidak Anda inginkan, untuk lebih melindungi privasi Anda. Klik menu Edit >> Preferences. Pada kotak dialog yang terbuka, di bagian "Category", beri tanda cek di depan "Enable cookies for the originating Web site only", lalu klik OK.

Netscape 6.2: Anda bisa mengirim Bookmark melalui e-mail. Buka program e-mail dan Netscape Anda. Pada Netscape, tekan Ctrl + B, klik-kanan bookmark tersebut, lalu tekan Ctrl C. Setelah itu masuklah ke program e-mail Anda, lalu tekan Ctrl + V.

Netscape 6.2: Anda ingin mengetahui tentang fitur tertentu di Netscape 6.2? Misalnya Anda ingin mencari tahu tentang plugins. Maka ketik saja di Address Bar: about:plugins lalu tekan Enter.

Netscape 6: Alexa.com adalah fitur Netscape yang bisa "melacak" jejak surfing Anda, lalu menampilkannya di menu "What's Related". Jika Anda merasa cara kerja Alexa.com ini mengganggu privasi, coba dihilangkan dengan cara: Buka My Sidebar, klik Tabs lalu pilih Customize My Sidebar. Klik Recommended, lalu What's Related. Pada panel kanan kotak dialog, pilihlah What's Related lalu klik Remove.

Netscape 6: Anda merasa terganggu dengan kehadiran Sidebar pada Netscape 6? Coba klik pada handle kecil yang terletak di sisi kanan Sidebar. Ini akan membuat Sidebar menghilang. Untuk memunculkannya kembali, klik lagi handle tersebut.

Netscape 6: Anda dapat mengakses FTP sites dengan mudah melalui IE dan Netscape 6. Untuk FTP site yang mengharuskan Anda memasukkan password, cukup ketikkan alamat URL-nya di Address Bar, dengan rumus seperti ini: ftp://username: password@ftpname/, lalu tekan Enter (antara "username:" dan "password" tidak ada spasi).

Netscape 6: Jika Anda membuat situs tertentu sebagai default homepage, ini bisa memperlambat akses setiap kali Anda membuka Netscape 6. Untuk mengatasinya, coba gunakan halaman kosong saja (about:blank) sebagai default homepage. Klik menu Edit >> Preferences. Klik Navigator di bawah "Category". Pada bagian "When Navigator starts up, display", pilih "Blank page" lalu klik OK.

Netscape 6: Salah satu fasilitas terbaru Netscape 6 adalah Sidebar yang berisi berbagai informasi menarik (News, Sports, dsb). Anda dapat memunculkan dan menyembunyikan Sidebar ini dengan mengklik tombol F9.

Netscape 6: Untuk memasukkan sebuah halaman web ke daftar Bookmark Anda, klik menu Bookmarks, lalu pilih Add Current Page.

Netscape 6: Walaupun Anda tidak menginstal Net2Phone ketika menginstal Netscape 6, link program ini tetap muncul di personal toolbar. Untuk menghilangkannya, klik menu Edit >> Preferences. Pada kotak dialog yang muncul, klik Navigator, lalu hilangkan tanda cek pada opsi "Net2Phone".

Netscape Navigator: Tidak perduli situs apapun yang Anda jadikan sebagai default homepage, Anda dapat mengakses website Netscape secara cepat. Cukup klik ikon Netscape yang terletak di pojok kanan atas dari jendela browser Anda.

Netscape Navigator: Anda dapat kembali ke default homepage sewaktu-watu dengan mengklik menu Home, atau menekan tombol Alt + Home pada keyboard Anda. (Kiriman: Andhy, Bogor)

Netscape Navigator 4: Anda dapat memanfaatkan menu "Search" pada toolbar utama untuk mencari informasi tertentu tanpa harus memasuki halaman search tertentu. Ketik sebuah kata, frase, kata kunci internet atau URL di tempat yang tersedia, lalu klik tombol Search.

Netscape Navigator 4/6: Salah satu cara untuk mempercepat proses browsing adalah dengan menyediakan ruang yang lebih banyak di harddisk untuk menyimpan halaman-halaman web. Klik menu Edit * Preferences. Klik opsi Advanced (untuk memperlihatkan sub-menunya) lalu pilih Cache. Masukkan jumlah kilobite pada Memory Cache dan Disk Cache, lalu klik OK.

Netscape Navigator 6: Untuk mengubah tampilan ukuran huruf (font), klik menu View * Text Size, lalu pilih ukuran (dalam persen) yang Anda inginkan.

Netscape Navigator 6: Untuk mem-bookmark sebuah halaman web, klik Ctrl+D dari halaman web yang terbuka tersebut. Atau klik menu Bookmarks * Add Current Page.

Netscape Navigator 6: Anda dapat meluncurkan program e-mail (untuk menulis pesan baru) dari Netscape Navigator. Caranya, klik menu Tasks, lalu pilih Mail (shortcut: ctrl+2).

Netscape Navigator 6: Anda dapat mengubah tampilan (theme) window Netscape Navigator dengan mudah. Klik menu View * Apply Theme, lalu pilih salah satu Theme yang tersedia (atau pilih Get New Themes untuk mendownload tampilan-tampilan baru dari situs Netscape).

Netscape Navigator 6: Untuk melihat situs-situs terakhir yang Anda akses, klik menu Tasks * Tools * History.

Netscape Navigator 6: Ketika mengklik sebuah link di halaman web, biasanya muncul halaman baru yang "menimpa" halaman sebelumnya. Untuk menghindarinya, klik-kanan link tersebut, lalu pilih "Open Link in New Window".

Netscape 6/7: Anda ingin tahu atau ingin menjadikan Netscape sebagai default browser Anda? Kliklah Edit >> Preferences. Pada kotak dialog yang muncul, klik Navigator pada daftar "Category". Klik Set Default Browser lalu klik OK.

Netscape 6 Mail: Anda dapat mengatur agar Netscape dapat mengecek e-mail secara otomatis. Jalankan Netscape, lalu tekan tombol Ctrl + 2 untuk membuka Mail. Pada jendela Mail, pilih Edit >> Mail & Newsgroups Account Settings. Klik Server Settings, lalu pilih "Check for new messages every" dan masukkan angka (menit) yang Anda inginkan. Klik OK.

Netscape Communicator 4/6: Untuk mendownload halaman web yang berada "di balik" sebuah link, Anda sama sekali tidak perlu mengklik link tersebut. Klik-kanan saja pada link tersebut, lalu pilih Save Link As. Pada daftar pilihan "Save As Type", pilih format file untuk menyimpan halaman web tersebut: HTML atau teks saja (text only).

...: Browser dan Browsing :...

Browser: Anda ingin menggunakan browser alternatif yang cukup powerful? Cobalah menggunakan Mozilla. Versi 1.0 (final) dan 1.1 (alpha) bisa Anda download di www.mozilla.org.

Browser: Jika Anda punya minat khusus seperti olahraga, balap mobil, membaca, dan sebagainya, Anda bisa mencoba specialized browser yang ditawarkan oleh 4ComTech Browsers. Untuk mencobanya, Anda tak perlu mengganti browser yang sekarang. Klik DI SINI untuk informasi selengkapnya.

Browsing: Jika Anda tidak punya waktu untuk browsing dalam mencari berita-berita terbaru di berbagai bidang, Anda dapat membaca berita-berita yang terkirim via e-mail. Layanan seperti ini antara lain disediakan oleh situs www.ananova.com.

Browsing: Jika Anda menulis komentar untuk sebuah artikel di situs tertentu, biasanya Anda harus menuliskan nama, alamat e-mail, dan isi komentar. Untuk menghindari SPAM dan jika memungkinkan, masukkan saja alamat e-mail yang tidak valid, seperti rudi@tanpaemail.com.

Browsing: Jika hendak mencari gambar/foto tertentu di internet, Anda bisa melakukannya dengan mudah melalui Google Images. Masukkan saja kata kunci sesuai jenis foto yang Anda inginkan, dan dalam sekejap Anda akan mendapatkan beragam foto dari berbagai situs, sesuai kata kunci tersebut.

Browsing/Situs: Jika Anda seorang desainer grafis, tentu senang mengoleksi banyak font/jenis huruf. Untuk menambah koleksi Anda, coba kunjungi Situs FontFreak.com yang koleksi font-nya bertambah setiap hari.

Browsing: Jika Anda gemar merakit komputer sendiri, tentu tahu bahwa motherboard merupakan komponen paling penting di dalam PC. Karena itu, pemilihan motherboard yang baik sangatlah diperlukan. Sebagai salah satu panduan pemilihan, Anda dapat mengunjungi situs Motherboards.org (tapi hati-hati, situs ini mengandung 3 pop up banner).

Browsing: Untuk menghindari serbuan spam, banyak cara yang bisa Anda lakukan. Salah satu cara sederhana adalah: Ketika mengisikan data Anda pada situs-situs tertentu, coba perhatikan apakah penulisan alamat e-mail yang valid merupakan keharusan. Jika tidak, masukkan saja sebarang alamat e-mail seperti no@mail.com dan sebagainya.

Sumber: tidak terdefinisi (naon deui)

Jangan lupa untuk melihat "Tips 'n Trik Edan Pizan" yang lainnya....

untuk saran dan permohonan konten lainnya hubungi contact person saya:
imunk31@gmail.com
Imunk92@gmail.com

Content Gue